Wongsoyudan Level Amatir

pergi ke alun-alun lewat atep, dulu culun sekarang tetep

Sering saya dengar dari para stand-up comedian (komika) kalau nonton stand up comedy itu harus langsung. Awalnya saya tak percaya. Pikir saya, mau tatap muka atau dibatasi layar kaca, formulanya sama. Komika lempar materi, kalau lucu penonton ketawa, kalau gak lucu ya coba lagi.

Ternyata saya salah. Saya pernah mendengar bit dari seorang komika, langsung dan dari tv/youtube. Bit yang sama pada dua media berbeda, nyampe ke saya sebagai penonton pun berbeda. Memang lebih lucu nonton langsung.

Untuk level Pandji Pragiwaksono tentu berbeda. Soal lucu, baik digital maupun langsung, rasanya akan tetap lucu. Lalu kenapa harus nonton langsung?

Kita mundur dulu ke 2012. 

Jika Wongsoyudan, kelompok penikmat karya Pandji, dibagi menjadi beberapa level, maka level saya masih di level amatir. Hanya Merdeka Dalam Bercanda yang saya tonton langsung. Seperti yang sudah diketahui, Bandung, jarang masuk dalam daftar tur Pandji. Mesakke Bangsaku mampir ke Bandung, namun saat itu waktu tidak mengizinkan. Lalu datang Hiduplah Indonesia Maya. Kali ini, keuangan yang menolak. Nonton yang di luar kota? Nanti dulu deh. Maklum, sebagai warga jago kandang, agar mikir seribu kali buat ke luar kota. Hehe. 

Kembali ke Merdeka Dalam Bercanda. Karena momen itu sudah 8 tahun yang lalu, mungkin banyak detail yang terlupa. Yang lucu, saat iseng nyari email tiket show ini, ternyata saya masih nyimpen.



Sederhananya kenapa harus nonton langsung, duduk bersama ratusan orang yang pikirannya sudah terkondisikan, satu visi untuk menonton Pandji itu menyenangkan. Ketawa bareng, mikir bareng, tepuk tangan bareng. Seru. Hal yang tak bisa didapatkan jika hanya menonton berbatas layar. Lalu, di akhir acara, bisa dapet kesempatan foto bareng. Ya asal mau antri aja. 

Sedikit tip, kalau belum siap di-riffing, jangan duduk di depan. Kalau gak mau ketinggalan show, jangan telat. Karena bukannya mau gak mau menunggu yang telat, tapi menghargai yang tepat.




2020 ini, level wongsoyudan saya masih belum beranjak di level amatir. Komoidoumenoi, Stand-up Comedy World Tour terbaru Pandji lagi-lagi gak mampir ke Bandung. Nah, untuk yang ingin hadir dan merasakan sensasi ketawa, ketawa, tepuk tangan bareng ribuan orang, bisa masuk ke tersinggungolehpandji.com. Semua info terkait Komoidoumenoi World Tour, mulai dari tiket, jadwal, opener, merchandise, semua ada disitu.


Bagaimana, siap rebutan tiket 20 Juni 2020 nanti? 

Post ini ditulis dalam rangka #BalasDi18Spesial2020

2 comments:

  1. Nonton langsung emang kayaknya bakal kebawa suasana, bodor standar ge pasti bakal dipaksa ketawa dan keprok. Aslina masih belum bogoh ka sama stand up comedy.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.