Membatasi


Tanpa pengumuman terlebih dulu ke orang-orang, saya beberapa kali meng-uninstal Instagram. Walaupun dengan post ini, saya jadi pengumuman juga, gapapa lah. Tujuan saya meng-uninstall adalah karena saya merasa terlalu banyak waktu yang dihabiskan bersama media sosial yang satu itu.

Eh sebentar, yang betul itu meng-uninstall atau men-uninstall? Yang tau boleh tulis di kolom komentar ya.

Lalu, kenapa uninstall? Kenapa gak login logout aja? Atau kenapa gak sekalian tutup akun aja? Kenapa gk login logout? Karena terlalu gampang buat balik. Kenapa gk uninstall? Karena niatnya rehat, bukan pergi.

Untungnya, Samsung mengerti saya. Setelah melakukan update beberapa waktu lalu, kini di smartphone saya ada fitur baru yang sangat membantu. Namanya Digital Wellbeing and Parental Control. Nah, berhubungan dengan pemakaian instagram yang terllau banyak tadi, dalam digital wellbeing terdapat app timer. Dengan teknologi ini, aplikasi-aplikasi yang ada diponsel kita bisa diatur atau dibatasi waktu pemakaiannya. Saat sudah mencapai limit, icon akan berubah warna menjadi abu-abu dan tidak bisa diakses lagi di hari itu.

Ya bisa sih, tinggal ubah aja limit pemakaiannya. Tapi ya klo niatnya buat membatasi, disiplin lah.

Nanti lah saya tulis lain kali si Digital Wellbeing ini di tulisan terpisah. Dengan catatan, kalo sempet. Hehe.

Oh iya, selamat Idul Fitri 1441 H. Maaf lahir batin.



Oh iya lagi, siapa tau teman-teman memiliki receh berlebih, boleh mendukung saya agar bisa tetap berkarya, baik itu bikin stop motion, ngeblog, atau apapun itu. Caranya, klik www.karyakarsa.com/gerakhenti.


4 comments:

  1. Mau berhenti tapi lewat instagram suka banyak info penting buat event, tapi kalau konsumsi waktu buat ig udah rada berkurang, ngintip ig stories juga ya ke beberapa orang aja.

    Masalahnya, yg sekarang bikin saya distraksi justru twitter, ga tau kenapa doyan scroll timeline padahal ga ada yg penting.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah klo itu mah IG nya masih datengin manfaat 👍.

      Nah iya scroll twitter itu candu bgt 😅

      Delete
  2. Saya pernah puasa Instagram hampir 5 bulan dan baru main lagi awal tahun ini, Dan itu ngaruh banget ke sebagai user. Disela-sela puasa itu Saya banyak ngelakuin banyak hal jadi bisa lebih konsentrasi dengan goals Kita. Setelah itu efeknya jadi gak gitu ngotot main Instagram, setengah jam cukup untuk sehari, dibanding dulu lebih bisa menghargai waktu. 😁🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah asli itu 5 bulan tenang pasti. Saya cuma seminggu aja kerasa efeknya 👍

      Delete

Powered by Blogger.