Friday, August 16, 2019

Dokumentasi Adalah Koentji



Tempo hari, Alvin, teman saya bertanya, "Gan, tiket masuk Sampoerna Sports Club sabaraha?". Pertanyaan yang tak hanya penting bagi dia, juga penting buat saya. Kenapa penting?. Begini, dulu saya bersama istri dan anak pernah berenang di tempat itu. Dengan bermodal hp Xiaomi, saya rekam kegiatan berenang itu dan mengunggahnya di youtube. Masih ada sampai sekarng. Kalau mau menontonnya, silakan.



Video yang tampak receh, saat itu. Tapi saat saya menonton lagi video tersebut, saya sadari beberapa tahun kemudian, betapa video itu penuh kenangan berharga, buat saya, masa buat si Alvin. Dipikir-pikir, dulu saya rajin mendokumentasikan kegiatan keluarga saya. Video-video receh macam Shaqil belajar ngomong R, pengalaman Shaqil disuntik, sampai Shaqil boria dance.


Akhir-akhir ini, kegiatan merekam kegiatan keluarga itu tak lagi saya lakukan. Entah kenapa, padalah kegiatan saya gak sibuk-sibuk amat. Masih sibukan si amat. Krik. Akhirnya, banyak momen keluarga, momen Shaqil yang terlewat dan hanya diabadikan lewat foto. Memang katanya foto lebih berbicara dibanding tulisan. Tapi, jika foto saja kekuatannya sedahsyat itu, apalagi video. Iya kan, iya dong. Sebetulnya saya masih sering membuat video, tapi video stop motion, bukan video kegiatan keluarga. Pertanyaan Alvin itu menjadi alasan pertama saya membuat video keluarga lagi. Iya, alasan pertama, karena ada alasan selanjutnya.




Alasan kedua adalah tulisan ini. Fakhrurroji Hasan.Seorang blogger yang saya kenal saat dulu pernah sama-sama menjadi kontributor di notaslimboy.com. Lama tak berinteraksi, beliau "kembali" dengan rentetan tulisan tentang liburan keluarga. Tak hanya tulisan, Bung Roji melengkapi tulisannya dengan menautkan video dari channel youtubenya, Rumah Roji. Silakan disubscribe. Sekalian subscribe youtube saya, Gangan Januar. Hehehehe. Yang membuat saya termotivasi, beliau sanggup dan sempat merekam ini itu dengan kondisi membawa dua anak.

Dua alasan yang cukup membuat semangat saya kembali menyala untuk membuat video kegiatan keluarga. Sebagai langkah awal, saya membuat segmen baru, Vlog Hari Rabu. Sudah ada dua video di playlist tersebut.



Mari membuat video, karena dokumentasi adalah koentji!!!

0 comments:

Post a Comment