(bukan) Inspirasi Indonesia

Thursday, September 20, 2018

4 Podcast Layak Dengar


Belakangan ini, bertambah satu media hiburan saya. Setelah alunan lagu-lagu di Spotify, Bermacam video di YouTube, kadang-kadang mendengar siaran radio, sekarang ada Podcast di Soundcloud (dan Spotify juga). Menyinggung YouTube dan radio, ada satu keunggulan podcast dibanding dua media tersebut. Diadu dengan YouTube, Podcast punya keunggulan bisa didengarkan sambil melakukan aktifitas lain semisal menyetir atau bekerja, dengan catatan bekerja dibelakang meja, bukan di lapangan.

Kalau begitu, apa unggulnya podcast atas radio? radio pun bisa dinikmati sambil diselingi aktifitas lain. Kelebihannya, podcast bisa memilih kapan ingin mendengarkan siapa.

Di Indonesia, podcast bisa dibilang baru. Pelopornya mungkin Podcast Awal Minggu milik Adriano Qalbi, si Bapak Podcast Indonesia. Sekarang banyak podcaster-podcaster bermunculan dengan beragam tema yang dibawa Sepakbola, keluarga, agama, kuliah, dll.

Diantara sekian banyak podcast, di bawah ini beberapa yang rutin saya dengarkan.

1. Curhat BaBu (Ario Pratomo & Nucha Bachri)
Podcast keluarga. Sampai blog ini tayang, sudah belasan episode mengudara. Membahas keuangan, perselingkuhan, dll. Cocok didengarkan oleh suami, istri, ayah, ibu, calon suami, calon istri, calon ayah, calon ibu.

  2. Box2Box Podcast (Pangeran Siahaan, Tio Prasetyo, Justinus Lhaksana)
Podcast Sepakbola nomor 1 di Indonesia. Begitu mereka mendeskripsikan diri. Setelah saya dengarkan episode demi episode, tak salah memang mereka merasa nomor satu. Nilai plus, Box2Box hadir dua kali seminggu.

  3. 30 Days Of Lunch (Ario Pratomo & Fellexandro Ruby)
Adriano Qalbi sudah mendapat  julukan sebagai bapak podcast Indonesia. Julukan lain harus seger disiapkan untuk Ario Pratomo dalam dunia per-podcast-an ini untuk konsistensinya. Setelah sukses dengan Curhat BaBu bersama sang Istri, Ario hadir pula di 30 Days Of Lunch bareng Ruby. Sebuah podcast dengan konsep yang ciamik, yakni obrolan di sela-sela makan siang.

  4. Podcast Awal Minggu (Adriano Qalbi)
Ada yang salah jika mengakhiri tulisan ini tanpa memasukkan PAM. Podcast ini buat saya sudah sampai tahap pasti di dengerin walaupun bahasannya lagi kurang menarik. Nah Loh :D

  Mengingat tren podcast yang sedang menggila, daftar ini sepertinya akan dengan cepat bertambah. Suka dengerin podcast juga? Dengerin siapa?

4 comments:

  1. Kejar Paket Pintar-nya Leila dan Dara. Beneran bikin pinter 😁

    ReplyDelete
  2. Wah iyaaa! Aku suka banget sama curhat babu dan 30 days of lunch! Kalo podcast awal minggu kurang jernih suaranya tapi topiknya menarik-menarik sih emang

    ReplyDelete

Search

Popular Posts

Archives

Follow by Email